Meningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa SMA kelas X materi Statistika menggunakan PBL melalui Flipbook Ditinjau Berdasarkan Gaya Belajar
Keywords:
Pemecahan Masalah, Gaya Belajar, Flipbook, LKPD.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMA kelas X materi Statistika menggunakan PBL melalui Flipbook Ditinjau Berdasarkan Gaya Belajar. Jenis penelitian yang dilakukan peneliti adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan empat tahapan yang mengadaptasi model Kemmis dan McTaggart yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X-7 SMA Negeri 7 Semarang dengan 36 siswa. Data kemampuan representasi matematika siswa diukur dengan menggunakan tes representasi matematika berbentuk soal uraian dan data gaya belajar siswa diukur dengan angket gaya belajar siswa. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan mengukur kemampuan representasi matematika secara klasikal mencapai lebih dari 75%, dan secara kualitatif keberhasilan siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Problem Based Learning melalui Flipbook dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa idik kelas X-7 SMA Negeri 7 Semarang.