PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) KELAS X SMA NEGERI 7 SEMARANG

Authors

  • Ika Fitriani Universitas Negeri Semarang
  • Walid Walid Universitas Negeri Semarang
  • Hanna Fauzia Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Problem based learning.

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatakn kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Problem based learning (PBL) pada materi Statistika . Penelitian ini dilaksanakan di kelas X-5 SMA Negeri 7 Semarang pada semester genap tahun ajaran 2023/2024 dengan banyak peserta didik sebanyak 36 peserta didik. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Pengambilan data yang dilakukan dengan cara melakukan observasi secara langsung (peer assesment) yang dilakukan oleh observer serta self assesment oleh peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung. Data. yang diperoleh, kemudian dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif, dimana indikator keberhasilan penelitian ini adalah adanya peningkatan rata-rata keterampilan kolaborasi peserta didik pada setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I diperoleh rata-rata persentase skor keterampilan kolaborasi peserta didik sebesar 69,4 % Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan dengan rata-rata persentase skor keterampilan kolaborasi peserta didik sebesar 80,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem based learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Downloads

Published

2024-06-10

Issue

Section

Articles