Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Model PBL dengan Pendekatan Teaching at The Right Level pada Materi Statistika Kelas X SMA Negeri 7 Semarang

Authors

  • Ika Sulistyarini Universitas Negeri Semarang
  • Walid Walid Universitas Negeri Semarang
  • Aditya Nursasongko SMA Negeri 7 Semarang

Keywords:

PBL, Teaching at The Right Level, Mathematical Concepts.

Abstract

Berdasarkan pengamatan awal di kelas X – 9 SMA Negeri 7 Semarang ditemukan masalah pada kemampuan pemahaman konsep matematika. Model pembelajaran yang diharapkan dapat mengatasi permasalahan dalam matematika yaitu PBL dengan pendekatan Teaching at The Right Level. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas X – 9 SMA Negeri 7 Semarang pada materi Statistika. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan subjek penelitian peserta didik kelas X – 9. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I nilai ratarata peserta didik 76,81 dengan ketuntasan klasikal 61,11%. Pada siklus II nilai rata-rata mencapai 87,08 dan ketuntasan klasikal 86,11%. Dari hasil yang diperoleh, dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan PBL dengan pendekatan Teaching at The Right Level dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika pada peserta didik.

Downloads

Published

2024-06-10

Issue

Section

Articles