PENERAPAN MODEL PBL DENGAN PENDEKATAN TARL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS XI-1 SMA N 7 SEMARANG
Keywords:
PBL; Teaching at The Right Level; Kemampuan Literasi Matematika.Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa melalui penerapan model PBL dengan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) pada materi Statistika Lanjut. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI-1 SMA Negeri 7 Semarang pada semester genap Tahun Ajaran 2023/2024 dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 2 kali pertemuan, dengan alokasi waktu untuk satu kali pertemuan adalah 2 × 45 menit. Pengambilan data yang dilakukan dengan cara melakukan observasi secara langsung yang dilakukan oleh observer, serta hasil tes literasi matematika berbentuk uraian pada setiap akhir siklus. Data yang diperoleh, kemudian dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif, dimana indikator keberhasilan penelitian ini adalah adanya peningkatan rata-rata kemampuan literasi matematika siswa pada setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I diperoleh rata-rata skor kemampuan literasi matematika siswa sebesar 68,75 yang tergolong dalam kategori “cukup" dengan ketuntasan klasikal 58,33%, dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan rata-rata persentase skor kemampuan literasi matematika siswa sebesar 82,43% yang tergolong dalam kategori “sangat baik" dengan ketuntasan klasikal 75%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran PBL dengan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa kelas XI-1 SMA Negeri 7 Semarang pada materi statistika lanjut.