Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Materi Bangun Datar Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan TaRL

Authors

  • Laili Fitriyanasari Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang
  • Rohmad Rohmad
  • Elok Fariha Sari Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Minat belajar, Hasil Belajar, Problem Based Learning, Teaching at The Right Level.

Abstract

Banyak peserta didik Sekolah Dasar kurang berminat dalam pembelajaran matematika, hal ini terlihat dengan peserta didik ada yang tidak memperhatikan, mengobrol dengan teman, keluar masuk kelas, membuat suara gaduh dan tidak mengerjakan tugas. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan minat dan hasil belajar matematika peserta didik kelas IV Batak SD Negeri Pekunden Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV Batak SD Negeri Pekunden dengan jumlah 29 orang yang terdiri dari 17 laki-laki dan 12 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan Teaching at The Right Level dapat meningkatkan minat dan hasil belajar matematika peserta didik kelas IV Batak di SDN Pekunden. Rata-rata persentase minat belajar peserta didik pada pra siklus sebesar kriteria minat peserta didik di atas sedang termasuk dalam kategori sangat rendah sebesar 34,48%, meningkat pada siklus I menjadi 62,07% dengan kualifikasi sedang. Pada siklus II kembali mengalami peningkatan menjadi 82,76% dengan kualifikasi tinggi. Rata-rata hasil belajar matematika pada pra siklus 58,97 dengan ketuntasan belajar 17%, meningkat menjadi 70,69 pada siklus I dengan ketuntasan belajar 55% dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rerata 79,83 dengan ketuntasan belajar 80%.

Downloads

Published

2024-06-10

Issue

Section

Articles