PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS IV-A SDN KARANGANYAR GUNUNG 01

Authors

  • Linda Ayu Puji Lestari Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Semarang
  • Susilo Tri Widodo Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Semarang
  • Yunita Puspita Sari Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Pancasila education, Learning results, Problem Based Learning.

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Karanganyar Gunung 01, Kota Semarang. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV-A berjumlah 19 peserta didik yang memiliki hasil belajar rendah pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Data dalam penelitian ini diperoleh menggunakan metode tes dengan jumlah 10 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian dengan nilai KKM 75. Data yang terkumpul dianalisis dengan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata pada siklus I yaitu 72,4 dengan persentase ketuntasan 63% atau termasuk kategori cukup. Pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 80,9 dengan persentase ketuntasan 79% atau termasuk katagori baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila peserta didik kelas IV-A SDN Karanganyar Gunung 01.

Downloads

Published

2024-06-10

Issue

Section

Articles