UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA MANIPULATIF PAPAN DIAGRAM (PADI) MATERI PENYAJIAN DATA MATEMATIKA KELAS V SDN KARANGANYAR GUNUNG 01 KOTA SEMARANG

Authors

  • Lulu Meilia Mahartanti Universitas Negeri Semarang
  • Yunita Puspita Sari SDN Karanganyar Gunung 01, Semarang
  • Susilo Tri Widodo Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Hasil belajar; Papan Diagram (Padi); Penyajian Data.

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika pada materi penyajian data melalui penerapan media pembelajaran manipulatif Papan Diagram (Padi) pada siswa kelas V SDN Karanganyar Gunung 01 Kota Semarang. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 1 kali pra-siklus dan 2 kali siklus. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA SDN Karanganyar Gunung 01 dengan jumlah 19 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes yang dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi awal / pretest dengan ketuntasan belajar secara umum 42,11%, Kemudian setelah dilakukan tindakan terjadi peningkatan sebesar 57,89% pada siklus I dan meningkat menjadi 84,21% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa penerapan media papan diagram (Padi) dapat meningkatkan hasil belajar matematika di SDN Karanganyar Gunung 01 Kota Semarang Materi Penyajian Data Siswa Kelas V.

Downloads

Published

2024-06-10

Issue

Section

Articles