PENINGKATAN KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TGT (TEAM GAME TOURNAMENT) PADA PESERTA DIDIK KELAS VII H SMPN 23 SEMARANG

Authors

  • Lusi Tri Firgiati PPG Prajabatan IPS Universitas Negeri Semarang
  • Turut Turut SMP Negeri 23 Semarang
  • Antari Ayuning Arsi Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Kolaborasi; Peserta Didik; Team Games Tournament (TGT).

Abstract

Salah satu permasalahan yang ditemukan saat pembelajaran di kelas VII H SMP Negeri 23 Semarang adalah adanya kesenjangan keterampilan kolaborasi peserta didik, sehingga tidak memenuhi semua indikator keterampilan kolaborasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik pada materi permintaan, penawaran,harga dan pasar melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Team Games Tournament (TGT). Penelitian ini merupakan PTK yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII H SMP Negeri 23 Semarang tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 33 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan wawancara, observasi, dan angket melalui tahapan pra siklus, siklus I dan siklus II. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa angket keterampilan kolaborasi peserta didik pada pra siklus diperoleh persentase rata - rata sebesar 51% dengan kategori cukup. Pada siklus I diperoleh persentase rata - rata sebesar 64% dengan kategori baik, dan pada siklus II diperoleh persentase rata - rata sebesar 80% dengan kategori baik. Sehingga pada pembelajaran terdapat peningkatan sebesar 14,5%. Berdasarkan hasil penelitian oleh observer pada siklus I diperoleh persentase rata - rata sebesar 67% dengan kategori baik dan pada siklus II diperoleh persentase rata-rata sebesar 81% dengan kategori baik, sehingga mengalami peningkatan rata-rata persentase sebesar 14%. Berdasarkan hasil data yang diperoleh melalui angket peserta didik dan lembar observasi oleh 2 observer (teman sejawat), dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik di kelas VII E SMP Negeri 23 Semarang.

Downloads

Published

2024-06-10

Issue

Section

Articles