Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek atau Project Based Learning (PjBL) pada Mata Pelajaran IPS untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik
Keywords:
Kolaborasi, Pembelajaran Abad 21, Project Based Learning.Abstract
Kurikulum dikembangkan melalui pendekatan pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik (student centered learning). Dalam pembelajaran abad 21, setiap peserta didik dituntut untuk memiliki kemampuan berpikir kritis, kreatif, komunikasi, dan kolaborasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan model pembelajaran berbasis proyek atau Project Based Learning (PjBL) dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik pada mata pelajaran IPS kelas IX. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX H SMP Negeri 23 Semarang dengan jumlah 32 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan melakukan wawancara, observasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada nilai keterampilan kolaborasi peserta peserta didik sebesar 15% pada setiap silklusnya. Pada siklus 1 diperoleh presentase rata-rata sebesar 68% dengan kategori baik dan pada siklus 2 diperoleh presentase rata-rata sebesar 85% dengan kategori sangat baik. Dari hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran berbasis proyek atau Project Based Learning (PjBL) pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik kelas IX H SMP Negeri 23 Semarang.