MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS BAWAH BOLA VOLI MENGGUNAKAN MODIFIKASI PERMAINAN KASTI-VOLI (KASVOL) PADA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 38 SEMARANG

Authors

  • Mahfud Mahfud PJKR, PPG Pascasarjana Universitas Negeri Semarang
  • Sriyono Sriyono SMP Negeri 38 Semarang

Keywords:

Servis Bawah, Bola Voli, Modifikasi Permainan, Permainan Kasvol, Teknik dasar.

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar servis bawah bola voli menggunakan modifikasi permainan kasti-voli (kasvol) pada siswa SMP Negeri 38 Semarang. Saat mempelajari teknik servis bawah, guru telah mengamati bahwa mayoritas siswa masih berada di bawah batas kemampuan minimal yang diharapkan (KKTP). Teknik servis bawah mereka masih belum mencapai tingkat yang diharapkan, dengan beberapa siswa melakukan servis secara kurang tepat dan kurang menguasai teknik dengan benar. Salah satu factor ketika siswa beralih dari sekolah dasar ke sekolah menengah pertama, sebagian besar dari mereka memiliki pengalaman bermain voli hanya dengan bola plastik di SD. Namun, di SMP, mereka mulai bermain dengan bola voli yang sesungguhnya. seperti rasa tidak nyaman di tangan mereka saat bermain dengan standar bola voli. Berdasarkan masalah yang diajukan dalam penelitian ini maka jenis penelitian yang di gunakan peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang di laksanakan dua siklus. Pada setiap siklus berisi empat kegiatan utama, yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. prosedur penelitian tindakan kelas (PTK) analisis data penelitian dilakukan dalam dua kategori yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Penggunaan modifikasi permainan Kasvol di SMP Negeri 38 Semarang berhasil meningkatkan pencapaian hasil belajar siswa dalam keterampilan teknik dasar servis bawah bola voli. Data yang didapatkan pada pra siklus hanya 59,37% siswa yang mencapai ketuntasan belajar pada pra siklus. Namun, pada siklus I, terjadi peningkatan yang cukup signifikan dengan 71,87% siswa mencapai ketuntasan belajar. Pada siklus II, terjadi peningkatan yang lebih besar, yaitu 93,74% siswa berhasil mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan modifikasi permainan Kasvol efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan servis bawah bola voli pada siswa kelas VII C SMP Negeri 38 Semarang pada tahun pelajaran 2023/2024.

Downloads

Published

2024-06-18

Issue

Section

Articles