MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENYAJIKAN DATA DALAM BENTUK DIAGRAM BATANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS IV
Keywords:
Project Based Learning, Hasil Belajar, Penyajian Data, Penelitian Tindakan Kelas.Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar penyajian data peserta didik. Penyebab dari masalah tersebut adalah proses pembelajaran masih didominasi oleh guru. Belum digunakannya model pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar penyajian data menggunakan model PjBL di kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Prosedur penelitian yang digunakan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV SDN Karanganyar Gunung 02 Semarang,yang berjumlah 25 peserta didik. Data penelitian ini berupa hasil observasi dan Lembar Kerja Project (LKP). Dengan penilaian pada langkah-langkah pembelajaran menggunakan model PjBL. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan pada perencana pelaksanaan pembelajaran menggunakan model PjBLyaitu pada siklus I memperoleh persentase 36% meningkat pada siklus II menjadi 60% dan meningkat pada siklus III menjadi 92% dengan kualifikasi sangat baik. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model PjBL dapat meningkatkan hasil belajar penyajian data siswa.