LOMPAT JAUH DENGAN PENDEKATAN CRT KELAS VII B SMP NEGERI 41 SEMARANG

Authors

  • Muhamad Awaludin Nuralam Universitas Negeri Semarang
  • Kusmiwati Kusmiwati SMP N 41 Semarang
  • Martin Sudarmono Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Lompat jauh, CRT, Sunda manda.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan hasil belajar lompat jauh melalui pendekatan CRT yaitu bermain sunda manda dan lompat tali pada siswa kelas VII B SMP N 41 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP N 41 Semarang dengan jumlah total siswa 32 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu tes unjuk kerja lompat jauh. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil lompat jauh melalui bermain sunda manda dan lompat tali pada siswa kelas VII B SMP N 41 Semarang. Nilai rata-rata siswa pada siklus 1 sebesar 75 dengan presentase ketuntasan sebesar 59% dari siklus 1 dapat dilihat masih belum memenuhi target ketuntasan. Kemudian setalah melanjutkan ke silklus 2 nilai rata-rata lompat jauh siswa mengalami peningkatan sebesar 85 dengan presentase ketuntasan sebasar 84%. Hal tersebut menunjukan bahwa target yang telah ditetapkan sebelumnya sudah tercapai sehingga peneltian dihentiakn pada siklus 2. Pembelajaran lompat jauh menggunakan pendekatan CRT dengan permainan sunda manda dan lompat tali. Seluruh aspek penilaian dikuasai peserta didik. Kemmapuan lompat jauh peserta didik meningkat dengan ditandai seluruh peserta didik tuntas.

Downloads

Published

2024-06-18

Issue

Section

Articles