PENGGUNAAN METODE JIGSAW, BERBANTUAN QUIZZIZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI UNSUR SENYAWA CAMPURAN
Keywords:
Metode Jigsaw, Qizziz, Hasil Belajar.Abstract
Penelitian tindakan kelas ini dilakukan berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan ketika proses pembelajaran berlangsung. Pada proses pembelajaran peserta didik merasa malas ketika diminta menulis materi pembelajaran yang ada di papan tulis. Hal ini menjadi latar belakang penelitian ini dengan tujuan adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode jigsaw berbantuan Quizziz terhadap hasil belajar peserta didik dan Mengembangkan model pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi unsur dan senyawa campuran. Penerapan metode jigsaw menekankan pembagian beberapa kelompok kecil dalam kelas yang memiliki peran dan tugas berbeda. Setiap anggota kelompok mempelajari satu bagian materi dan kemudian saling mengajar kepada anggota kelompok lain. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus pada peserta didik kelas VIII E SMP Negeri 26 Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitan terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi.