EFEKTIFITAS BIMBINGAN KLASIKAL MENGGUNAKAN METODE SIMULASI GAME UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI-MIPA SMA NEGERI 9 SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024
Keywords:
Bimbingan Klasikal, Simulasi Game, Minat Belajar.Abstract
Penelitian ini terfokus bagaimana Efektifitas pelaksanaan bimbingan klasikal dalam bimbingan konseling dan simulasi games dengan minat belajar siswa. Agar penelitian ini optimas maka tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan efektifitas pelaksanaan bimbingan klasikak dengan minat belajar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian PTK. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI-MIPA SMA Negeri 9 Semarang sejumlah 36 siswa. Teknik analisis daa yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, keabsahan data yaitu triangulasi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Kesimpulan penelitian ini menunjukan bahwa mendorong siswa menggunakan bimbingan klasikal dan simulasi permainan efektif digunakan untuk meningkatkan minat belajar siswa. Minat belajar siswa dilaksanakan dengan sangat efektif Di SMA Negeri 9 Semarang melalaui pemanfaatan faktor intinsik dalam dalam bimbingan klasikal. Hal ini menunjukan bahwa penggunakan layanan bimbingan klasikal untuk mengembangkan motivasi intrinsik (batin) siswa merupakan cara yang baik untuk menumbuhkan minat belajarnya. Keinginan siswa dalam belajar dapat dipupuk secara besar melalui penggunaan motivasi esktrinsik yang diberikan Dengan kata lain motivasi intrinsik (batin) melalui layanan bimbingan klasikal sangat cocok dalam menumbuhkan minat belajar siswa. Penggunaan bimbingan klasikal dalam konseling yang memanfaatkan unsur intrinsik sangat bermanfaat dalam menerapkan minat belajar siswa. Minat belajar siswa dapat dilaksanakan secara efektif melalui penggunaan motivasi ekstrinsik dalam konseling bersama dengan bimbingan konsling klasikal.