PENINGKATAN HASIL BELAJAR TENDANGAN DEPAN DALAM PENCAK SILAT MELALUI PENGGUNAAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VIII H SMP NEGERI 3 SEMARANG
Keywords:
pencak silat, tendangan depan, alat bantu pembelajaran.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar tendangan depan pencak silat dengan alat bantu pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas VIII H SMP Negeri 3 Semarang sebanyak 32 siswa. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dari hasil analisis yang diperoleh terdapat peningkatan yang signifikan dari siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil diskripsi pra siklus atau kondisi awal, hasil belajar siswa kelas VIII H SMP Negeri 3 Semarang sebelum diberikan tindakan siswa yang tuntas 28% atau 9 siswa dari 32 siswa, yang belum tuntas 72% atau 23 siswa dari 32 siswa. kemudian pada siklus 1 69% siswa yang tuntas atau 22 siswa dari 32 siswa, yang belum tuntas 31% atau 10 siswa dari 32 siswa. Pada siklus 2 siswa yang tuntas 88% atau 28 siswa dari 32 siswa, yang belum tuntas 13% atau 4 siswa dari 32 siswa. Dari penelitian tindakan kelas dan hasil observasi yang telah dilaksanakan maka dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar tendangan depan dalam pencak silat siswa kelas VIII H SMP Negeri 3 Semarang.