PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN SENAM IRAMA MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING DI SMP NEGERI 3 SEMARANG

Authors

  • Muhammad Ihsan Fathoni Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Soeparno Soeparno Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Martin Sudarmono

Keywords:

Pembelajaran, Model based learning, Senam irama.

Abstract

Masih rendahnya hasil belajar senam irama pada peserta didik kelas VII C SMP Negeri 1 Makale menjadi latar belakang penelitian ini dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi senam irama menggunakan model pembelajaran berbasis projek (Project Based Learning). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research) dengan prosedur penelitian dilaksanakan dengan serangkaian langkah-langkah dimulai dengan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik SMP Negeri 3 Semarang kelas VII C dengan jumlah 32 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dengan penggunaan model pembelajaran Project Based Learning.

Downloads

Published

2024-06-18

Issue

Section

Articles