Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Lay Up Dengan Menggunakan Media Simpai Pada Kelas XII Ips 2 Sma Negeri 1 Semarang Tahun Pelajaran 2023/2024

Authors

  • Muhammad Khoirul Khakim
  • Aga Eppino
  • Mugiyo Mugiyo

Keywords:

Hasil Belajar Keterampilan Kata Lay up Simpai Problem Based Learning (PBL).

Abstract

Penelitian ini disebabkan oleh kurangnya keteramplian lay up pada permainan bola basket, bahwasannya selama proses pembelajaran penjas khususnya mengenai materi lay up bola basket masih kurang, masih di bawah kreteria ketuntasan minimal , dengan jumlah peserta didik 36 peserta didik dengan capaian ketuntasan 50% dari 36 peserta didik. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XII IPS 2 SMA Negeri 1 Semarang tahun ajaran 2023/2024, seluruh kelas XII IPS 2 ada 36 peserta didik yang terdiri dari 10 laki-laki dan 26 perempuan. Penelitian ini termasuk dalam jenis PTK (penelitian tindakan kelas) yang dilaksanakan selama 2 siklus dengan 4 tahapan : kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada penelitian tindakan kelas ini, persentase ketuntasan klasikalnya adalah 80% dan nilai rata-rata ≥ 70, maka bisa dikatakan tuntas. Hasil penelitian pada siklus I sebesar 67% dengan nilai rata-rata sebesar 72,8, hasil tersebut mengalami peningkatan dibandingkan dengan persentase pra siklus yaitu 50% dengan nilai rata-rata 68,2 . Pada siklus II persentase meningkat menjadi 83% dengan nilai rata-rata 78,2.Hasil persentase siklus I dan siklus II ada peningkatan, di siklus I belum memenuhi ketuntasan klasikal yaitu 67% sedangkan siklus II sudah memenuhi ketuntasan klasikal yaitu 83%. Oleh karena itu, dapat diambil kesimulan bahwa model pembelajaran PBL menggunakan media simpai dapat meningkatkan keterampilan lay up.

Downloads

Published

2024-06-18

Issue

Section

Articles