Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kebugaran Jasmani (Unsur Kelincahan) Melalui Metode Mini Game Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Kelas X SMA Negeri 3 Semarang
Keywords:
Kelincahan, Kebugaran Jasmani, Mini-game.Abstract
Permasalahan dalam penelitian tindakan kelas kali ini adalah Apakah dengan penggunaan metode mini-game dapat meningkatkan kemampuan kebugaran jasmani unsur kelincahan pada siswa kelas X 8 SMA N 3 Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah upaya-upaya peningkatan kemampuan kebugaran jasmani unsur kelincahan menggunakan metode mini-game. Penelitian dilakukandengan metode Action Reseach atau Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini siswa kelas X 8 berjumlah 36 orang. Instrumen pengumpulan data dengan menggunakan lembar observas pengamatan kepada siswa melalui: (1) Tes dipergunakan untuk mendapatkan data tentang hasil kelincahan shuttle run test yang dilakukan siswa, (2) Observasi dipergunakan sebagi teknik untuk mengumpulkan datatentang aktivitas siswa dan guru selama kegiatan belajar mengajar saat penggunaan mini-game. Hasil penelitian ada peningkatan kemampuan kelincahan dengan pengunaan metode mini-game pada siswa kelas X 8 SMA N 3 Semarang. Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan hasil penghitungan dan dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa meningkat dari 86,11 % menjadi 94,5 %, untuk tes Shuttle run. Hal ini terjadi karena pada siklus 1 dan siklus 2 melalui metode mini-game pada siswa X 8 dapat meningkatkan kelincahan, dengan demikian penelitian ini dianggap selasai dan berhasil.