MENINGKATKAN LITERASI STATISTIKA DAN KOLABORASI PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING

Authors

  • Naila Daris Salamah Universitas Negeri Semarang
  • Masrukan v Universitas Negeri Semarang
  • Titien Sulistiyoningsih SMA Negeri 11 Semarang

Keywords:

Literasi Statistika, Kolaborasi, Problem-Based Learning, Culturally Responsive Teaching.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi statistika dan kolaborasi peserta didik melalui model pembelajaran Problem-Based Learning dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru matematika kelas X9 SMA Negeri 11 Semarang tahun ajaran 2023/2024. Banyaknya subjek yang digunakan yaitu 36 peserta didik, yang terdiri dari 18 laki-laki dan 18 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini, yaitu observasi dan tes. Kesimpulan dari penelitian ini adalah rata-rata persentase indikator kemampuan kolaborasi peserta didik yang meningkat pada setiap siklus. Rata-rata persentase indikator kemampuan kolaborasi peserta didik telah mencapai lebih dari 70%, yaitu sebesar 81,25%. Literasi statistika pada peserta didik juga menunjukkan peningkatan setiap siklusnya. Rata-rata persentase indikator literasi statistika peserta didik telah mencapai lebih dari 70%, yaitu sebesar 79,5%. Peningkatan rata-rata persentase indikator kemampuan kolaborasi peserta didik dan literasi statistika menunjukkan keberhasilan penelitian ini. Kunci keberhasilan penelitian ini yaitu pada perencanaan dan penerapan model pembelajaran menggunakan PBL dengan pendekatan CRT.

Downloads

Published

2024-06-18

Issue

Section

Articles