MENINGKATKAN LITERASI STATISTIKA DAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK MELALUI PROBLEM-BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN DIFERENSIASI KONTEN
Keywords:
Literasi Statistika, Kedisiplinan, Problem Based-Learning, Pembelajaran Berdiferensiasi Konten.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi statistika peserta didik khususnya pada materi statistika dan kedisiplinan peserta didik. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran problem based-learning dengan pendekatan diferensiasi konten gaya belajar. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X-3 SMA N 11 Semarang tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 35 peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas selama dua siklus. Setiap siklus dilakukan sesuai tahapan pelaksanan PTK yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Permasalahan yang didapatkan dari hasil pengamatan dan wawancara dengan guru pamong adalah kurangnya literasi statistika dan kedisiplinan peserta didik. Berdasarkan permasalah tersebut, peneliti ingin meningkatkan literasi statistika peserta didik dan kedisiplinan melalui model pembelajaran Problem Based-Learning dengan pendekatan diferensiasi konten gaya belajar. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian ini, Pada siklus I, hasil rata-rata akhir kemampuan literasi statistika peserta didik yang tuntas sebesar 57% dan siklus II sebesar 86%. Terdapat peningkatan sebanyak 29% dari siklus I dan siklus II. Sedangkan dalam aspek kedisiplinan peserta didik, pada siklus I sebesar 61% dan siklus II sebesar 81% dengan kriteria Baik.