Upaya Meningkatkan Ketrampilan Hasil Belajar Pada Aspek Psikomotorik Kebugaran Jasmani Kelas X-8 di SMA Negeri 6 Semarang menggunakan Model PBL Dengan Pendekatan CRT

Authors

  • Nanang Setiawan Universitas Negeri Semarang
  • Agus Raharjo
  • Eko Mujiono

Keywords:

Kebugaran Jasmani, PBL, Culturaly Rosponsive Teaching (CRT).

Abstract

Tingkat kebugaran jasmani perlu dimiliki bagi para peserta didik di SMA Negeri 6 Semarang untuk menunjang pembelajaran yang optimal. Pada kelas X-8 di SMA Negeri 6 Semarang memiliki tingkat ketrampilan kebugaran jasmani yang masih rendah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar kebugaran jasmani peserta didik kelas X-8 di SMA Negeri 6 Semarang dan faktor faktor yang mempengaruhi menggunakan model PBL dengan pendekatan CRT (Culturaly Rosponsive Teaching) dan Metode penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian peserta didik kelas X-8 di SMA Negeri 6 Semarang berjumlah 36 siswa, sampel penelitian peserta didik kelas X-8 berjumlah 32 siswa. Teknik pengambilan sampling purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan TKJI Usia 13-15 tahun. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan pengukuran. Teknik pengolahan data deskriptif kuantitatif presentase. Hasil profil tingkat kebugaran jasmani peserta didik kelas X8 di SMA Negeri 6 Semarang memperoleh hasil dengan klasifikasi yang memiliki tingkat kebugaran jasmani baik sekali (0%), baik (23,4%), cukup (39,1% ), kurang (31,25%), kurang sekali (6,25%). Kondisi tingkat kebugaran jasmani peserta didik di SMA Negeri 6 Semarang rata rata dalam kategori cukup dengan presentase 39,1% dan dapat diasumsikan belum optimal. Saran bagi siswa perlu penambahan aktivitas pemansan fisik dan aktivitas olahraga diluar sekolah secra mandiri agar dapat meningkatkan kebugaran jasmani.

Downloads

Published

2024-06-18

Issue

Section

Articles