Meningkatkan Literasi Statistika dan Kerja sama Melalui Model Problem-Based Learning dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching

Authors

  • N. N. Izzati PPG PRAJABATAN Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang
  • Masrukhan Masrukhan Matematika FMIPA Universitas Negeri Semarang
  • T. Sulistiyoningsih SMA Negeri 11 Semarang

Keywords:

Problem-Based Learning, Culturally Responsive Teaching, kemampuan literasi statistik, kerjasama.

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas X8 SMAN 11 Semarang Tahun ajaran 2023/ 2024. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi statistik dan kerjasama siswa X8 SMAN 11 Semarang melalui model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT). Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif, dan diperoleh rata-rata kemampuan literasi statistik pada siklus I sebesar 50,32 dengan ketuntasan belajar sebesar 36,11%, menjadi rata-rata sebesar 85,42 dengan ketuntasan belajar 80,56% pada siklus II. Sedangkan untuk sikap kerjasama, pada siklus I memperoleh rata-rata sebesar 60,07 dengan kategori cukup, dan pada siklus II menjadi 81,86 dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran PBL dengan pendekatan CRT, kemampuan literasi statistik dan kerjasama siswa meningkat.

Downloads

Published

2024-06-18

Issue

Section

Articles