Meningkatkan Representasi Matematis dan Keaktifan Belajar melalui Problem Based Learning pendekatan Teaching at the Right Level dengan Tutor Sebaya

Authors

  • Nico Caesario Sekolah Pasca Sarjana, Universitas Negeri Semarang
  • Nuriana Rachmani Dewi Sekolah Pasca Sarjana, Universitas Negeri Semarang
  • Agustna Dwi Susantie SMA N 3 Semarang

Keywords:

Keaktifan belajar; Problem Based Learning, Representasi matematis; Teaching at the Right Level.

Abstract

Kemampuan representasi matematis membantu dalam keterampilan komunikasi matematis yang juga merupakan bagian dari standar kemampuan matematika yang perlu dimiliki dalam pembelajaran matematika. Tak hanya itu partisipasi aktif dari dalam diri peserta didik pada juga mempengaruhi dalam kegiatan pembelajaran matematika. Model Problem Based Learning (PBL) dapat menjadi salah satu alternatif model pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik. Pendekatan yang dapat dipakai pun dapat menggunakan pendekataan TaRL yang disertai dengan tutor sebaya didalamnya karena mengacu pada tingkat pencapaian atau kemampuan peserta didik. . Penelitian ini berupa penelitian Tindakan kelas (PTK) dengan peserta didik kelas X-10 SMA Negeri 5 Semarang sebagai subjek penelitiannya yakni 34 peserta didik. Pengamatan dilakukan sebanyak 2 siklus dengan 2 kali pertemuan untuk setiap siklusnya. Terdapat peningkatan ketuntasan peserta didik dari siklus siklus I yaitu 70,58% dan pada siklus II yaitu 91,17%, sehingga terbukti penerapan pembelajaran dengan model PBL pendekatan TaRL-Tutor Sebaya dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis dan keaktifan belajar peserta didik kelas X-10 di SMA N 3 Semarang.

Downloads

Published

2024-06-18

Issue

Section

Articles