MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS MELALUI PROBLEM BASED LEARNING BERPENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL DAN TUTOR SEBAYA

Authors

  • Noor Afifah Universitas Negeri Semarang
  • Agustina Dwi Susantie SMA Negeri 3 Semarang
  • Nuriana RDN Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Problem Based Learning, Teaching at the Right Level, Metode Tutor Sebaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan representasi matematis siswa dalam pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning menggunakan pendekatan teaching at the right level dan tutor sebaya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian yang digunakan 1 kelas XI-8 sebanyak 36 peserta didik di SMA Negeri 3 Semarang. Pada awal proses pembelajaran, guru mengelompokkan peserta didik berdasarkan tingkat kemampuan mereka, yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Langkah ini bertujuan untuk memudahkan guru dalam memberikan pendampingan kepada peserta didik selama proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam pembelajaran yaitu diskusi dan presentasi dengan pendekatan tutor sebaya dimana siswa yang lebih pandai membantu dan mengajari teman sekelasnya yang belum memahami materi pelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik mengalami peningkatan kemampuan representasi matematis setelah mengikuti pembelajaran matematika menggunakan model problem based learning berpendekatan teaching at the right level dan tutor sebaya. Hasil tersebut dibuktikan dengan persentase rata-rata kemampuan representasi matematis yang diperoleh siswa pada pembelajaran di Siklus I masuk dalam kategori sedang (60,7%), sedangkan persentase yang diperoleh di Siklus II masuk dalam kategori baik (79,7%).

Downloads

Published

2024-06-18

Issue

Section

Articles