UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN RASA INGIN TAHU MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN PENDEKATAN TARL KELAS XI F3 SMAN 12 SEMARANG
Keywords:
Berpikir Kreatif Matematis; Problem Based Learning; Rasa Ingin Tahu, TaRL.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis dan rasa ingin tahu peserta didik kelas XI F3 SMAN 12 Semarang melalui pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari: perencanaan, tindakan, refleksi, dan evaluasi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI F3 SMA Negeri 12 Semarang tahun pelajaran 2023 / 2024 yang berjumlah 36 orang. Penelitian ini dilakukan dari Februari s.d. April 2024. Data diolah setiap siklusnya kemudian dianalisis menggunakan persentase. Model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatam TaRL dikatakan berhasil jika persentase kemampuan berpikir kreatif matematis dan persentase rasa ingin tahu siswa mencapai ≥75%. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis. Nilai rata – rata kemampuan berpikir kreatif matematis yang didapat pada saat siklus I adalah 83,06 dengan persentase ketuntasan 75 % sedangkan pada siklus II nilai rata – rata yang didapat adalah 84,77 dengan persentase ketuntasan 83,33 %. Hasil penelitian juga menunjukkan peningkatan rasa ingin tahu. Rata-rata rasa ingin tahu pada siklus I memperoleh 74% dan pada siklus II meningkat menjadi 78%.