Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Model PBL Berpendekatan TaRL Berbantuan Geogebra Materi Fungsi dan Pemodelannya Kelas XI SMAN 12 Semarang

Authors

  • Nur Afiani Herniatsih Universitas Negeri Semarang
  • Nur Zamroni SMAN 12 Semarang
  • Endang Retno Winarti Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Kemampuan Berpikir Kritis; Pendekatan TaRL; Geogebra.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMAN 12 Semarang menggunakan model PBL berpendekatan TaRL berbantuan Geogebra pada materi Fungsi dan Pemodelannya. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI F.2 SMAN 12 Semarang tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah siswa 36 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 (tiga) siklus dengan menggunakan tes kemampuan berpikir kritis dan observasi. Penelitian ini merupakan classroom action research. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa pada Siklus I sebesar 54,36% dari skor tertinggi yang mungkin dicapai 100 dan standar deviasi 20,53. Siklus II diperoleh skor ratarata kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 70,4% dan standar deviasi 15,86. Kemudian, Siklus III diperoleh skor rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 89,3% dan standar deviasi 7,03. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model PBL pendekatan TaRL berbantuan Geogebra pada pembelajaran matematika khususnya materi Fungsi dan Pemodelannya, maka kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dan perubahan sikap siswa dalam belajar menjadi lebih baik pada setiap siklusnya.

Downloads

Published

2024-06-18

Issue

Section

Articles