PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN MINAT SISWA KELAS XI-F5 SMAN 12 SEMARANG MELALUI MODEL PBL PENDEKATAN TaRL PADA MATERI STATISTIKA
Keywords:
Kemampuan pemecahan masalah; PBL; Pendekatan TaRL;Statistika.Abstract
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah pada materi statistika dan kurang tertarik untuk belajar matematika terutama apabila berisi banyak rumus dan angka-angka desimal seperti pada materi statistika sub bagian regresi dan analisisis korelasi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan minat belajar siswa kelas XI-F5 pada materi statistika dengan menggunakan model pembelajaran Problem Basef Learning(PBL) dengan pendekatan TaRL. Subjek penelitian ini adala siswa kelas XI-F5 SMAN 12 Semarang yang berjumlah 35 orang siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan 2 siklus. Setiap siklus dua kali pertemuan tatap muka dan terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengambilan data penelitian dilakukan dengan tes kemampuan pemecahan masalah, lembar angket dan observasi minat belajar siswa. Hasil penelitian diperoleh persentase hasil belajar kemampuan pemecahan masalah matematika pada siklus I 60% dan mengalami peningkatan pada siklus 2 menjadi 79%. Lalu untuk persentase minat belajar siklus I sebesar 68% dan siklus II persentasenya 74%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL dan pendekatan TaRL dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan minat belajar siswa kelas XI-F5 SMAN 12 Semarang.