Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI F-6 SMAN 12 Semarang Melalui Model PBL dengan Pendekatan TaRL Berbantuan Teachmint

Authors

  • Nurma Istiqomah Universitas Negeri Semarang
  • M. Aunurrofiq SMA Negeri 12 Semarang
  • Endang Retno Winarti Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Problem Based Learning, Teaching at the Right Level, Teachmint.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belum optimal. Perlunya pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui penerapan pembelajaran dengan pendekatan TaRL dan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan Teachmint. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Adapun subjek penelitian ini merupakan siswa kelas XI F-6 SMA Negeri 12 Semarang tahun pelajaran 2023/2024. Proses penelitian dilakukan dengan menerapan pembelajaran secara berkelompok sesuai tingkat kemampuan kognitif siswa dan diberi permasalahan kotekstual. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan aktivitas guru, aktivitas siswa serta tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh bahwa terjadi peningkatan kemampua pemecahan masalah matematis pada materi Statistika siswa kelas XI F-6 SMA Negeri 12 Semarang. Hal ini ditunjukkan dengan adanya data peningkatan rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa sebesar 43,55 dan persentase ketuntasan sebesar 42% pada pra-siklus meningkat menjadi 72,03 dan persentase ketuntasan sebesar 64 pada siklus I, kemudian meningkat lagi menjadi 80,33 dan persentase 84% pada siklus II.

Downloads

Published

2024-06-18

Issue

Section

Articles