PENERAPAN MODEL PBL BERBANTUAN LIVEWORKSHEET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH NON-RUTIN MATERI STATISTIKA KELAS XI F-4 DI SMAN 13 SEMARANG
Keywords:
Problem Based Learning, Statistika, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Pendidikan Matematika.Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas XI F-4 SMA Negeri 13 Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis materi Statistika peserta didik kelas XI F-4 SMA Negeri 13 Semarang dengan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teori yang digunakan adalah pemecahan masalah matematis dan konstruktivisme. Pada penelitian ini yang diamati adalah kemampuan matematis pada peserta didik. Pelaksanaan setiap siklus dalam penelitian ini terdiri dari empat tahapan yaitu: rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data diambil melalui pengamatan, asesmen formatif, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif komparatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis tiap siklus mengalami peningkatan untuk siklus I sebesar 72,23% dibanding prasiklus dan untuk siklus II peningkatan sebesar 86,12% dibanding siklus 1. Hasil asesmen formatif tiap siklus yang mencapai KKM yaitu 26 peserta didik atau 72,23% pada prasiklus, 26% atau 72,23% peserta didik pada siklus I, dan 86,12% atau 31 peserta didik pada siklus II. Hasil penelitian juga menunjukkan rata-rata asesmen formatif dari prasiklus, siklus I, dan siklus II berturut-turut adalah 65,5; 81,6; dan 86 artinya adalah terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan model Problem Based Learning terbukti kebenarannya dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis pada peserta didik kelas XI F-4 SMA Negeri 13 Semarang.