PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPAS KELAS V SDN SRONDOL KULON 03

Authors

  • Putri Rahayu Nengseh
  • Putri Yanuarita Sutikno
  • Dwi Suratimah

Keywords:

Problem Based Learning, hasil belajar, IPAS.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan prestasi belajar IPAS melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas V SDN Srondol Kulon 03 tahun 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Srondol Kulon 03 yang terdiri dari 10 laki-laki dan 18 perempuan. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret sampai dengan April 2024.. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan tes hasil belajar. Kemudian, data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I yaitu peserta didik tuntas sebanyak 64% dengan rata- rata 70,9, siklus II peserta didik tuntas sebesar 75% dengan rata-rata 78,2, siklus III peserta didik tuntas sebesar 82% dengan rata-rata 80. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian, dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar kognitif IPAS kelas V SDN Srondol Kulon 03 tahun 2023/2024.

Downloads

Published

2024-06-18

Issue

Section

Articles