Upaya Peningkatan Kemampuan Servis Bawah Melalui Metode Pembelajaran Team Games Tournamen (TGT

Authors

  • Rachmat Permadi Universitas Negeri Semarang
  • Sisworo Sisworo SMA Negeri 10 Semarang
  • Suratman Suratman Universitas Negeri Semarang

Keywords:

TGT; Bola Voli; PTK.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berpengaruh terhadap hasil belajar bola voli pada kelas X SMA Negeri 10 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dalam bentuk penelitian kuantitatif. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X-1 SMA Negeri 10 semarang yang berjumlah 34 peserta didik, yang terdiri 11 peserta didik laki-laki dan 23 peserta didik perempuan. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa peserta didik yang tuntas sebelum tindakan atau pra siklus ada 3 orang peserta didik (9%), setelah diberikan tindakan pada siklus I terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar menjadi 16 orang peserta didik (47%). Kemudian peningkatan ketuntasan hasil belajar pada siklus II, yakni sebanyak 28 orang peserta didik yang tuntas atau sebesar 82%. Jadi disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berpengaruh terhadap hasil belajar bola voli pada peserta didik kelas X SMA Negeri 10 Semarang

Downloads

Published

2024-06-18

Issue

Section

Articles