Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pola Gerak Dasar Berlari Menggunakan Metode Permainan Estafet Pada Siswa Kelas IV SDN Sendangmulyo 03 kecamatan Tembalang kota Semarang

Authors

  • Rijal Ghozian Zulhaq Universitas Negeri Semarang
  • Priyati Priyati SDN Sendangmulyo 03
  • Agus Widodo Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Pola Gerak Dasar Berlari; Hasil Belajar; Permainan Estafet.

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah pola gerak dasar berlari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses peningkatan hasil belajar pola gerak dasar menggunakan metode permainan estafet. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari : perencanaan, implementasi, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Sendangmulyo 03 kecamatan Tembalang Kota Semarang yang berjumlah 28 siswa. Data yang diperoleh berupa hasil belajar keterampilan, lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian didapatkan berupa hasil belajar siswa pada siklus I mendapatkan 57% atau 16 siswa yang telah mencapai KKM, sedangakan pada siklus II mengalami kenaikan presentase menjadi 82% siswa yang mencapai KKM. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui metode permainan estafet dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar berlari pada siswa kelas IV SDN Sendangmulyo 03 kecamatan Tembalang Kota Semarang.

Downloads

Published

2024-06-18

Issue

Section

Articles