Upaya Meningkatkan Kebugaran Jasmani pada Komponen Kecepatan dan Kelincahan melalui Permainan SMAN 13 Semarang
Keywords:
Game; Physical Fitness; Physical Education.Abstract
Penelitian ini didasari dari siswa saat melakukan tes kebugaran jasmani masih kesulitan untuk mengikuti materi dan saat permainan yang membutuhkan kecepatan dan kelincahan banyak siswa yang kesusahan dalam mengikutinya. Dalam penelitian ini peneliti mempunyai tujuan untuk meningkatkan kebugaran jasmani siswa kelas XI SMAN 13 Semarang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang berlangsung dalam 2 siklus dengan 2 pertemuan. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas XI SMAN 13 Semarang yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data dengan lembar tes kebugaran.Dari hasil analisa data diketahui bahwa, data ini menunjukkan ada peningkatan tingkat kebugaran siswa setelah diterapkan pembelajaran penjaskes dengan pendekatan bermain pada siklus I, yaitu 58,3% siswa yang memiliki tubuh bugar, dengan kategori “baik” sebesar 8,3 % dan kategori “sedang” sebesar 50% dan pada siklus II, yaitu 75% siswa yang memiliki tubuh bugar, dengan kategori “baik” sebesar 19,4% dan kategori “sedang” sebesar 55,6%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan pemberian model permainan mampu meningkatkan kebugaran jasmani siswa kelas XI.