Penerapan Metode Jarimatika Untuk Meningkatkan Keterampilan Berhitung Pada Materi Perkalian Kelas IV SDN Srondol Wetan 05 Tahun Ajaran 2023/2024

Authors

  • Savitri Kirana PPG FIPP-UNNES

Keywords:

metode jarimatika, ketrampilan berhitung.

Abstract

Guru yang kurang bervariasi dalam mengajarkan matematika dapat mengakibatkan peserta didik merasa bosan dan jenuh. Cara yang lazim digunakan guru adalah menghafal atau mengingat rumus, sehingga peserta didik merasa terbebani karema pembelajaran jadi kurang menyenangkan dikarenakan kemampuan setiap peserta didik berbeda-beda dalam memghafal. Berdasarkan latar belakang di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan metode jarimatika dan penggunaan media pembelajaran secara konvensional dan IT dalam meningkatkan ketrampilan berhitung. Jenis penelitian yamg digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode jarimatika dan penggunaan variasi media dalam meningkatkan ketrampilan berhitung peserta didik kelas IV SDN Srondol Wetan 05 dengan dua siklus, dapat meningkatkan ketrampilan berhitung peserta didik. Pada tingkat keberhasilan peserta didik kelas IV SDN Srondol Wetan 05 setelah menerapkan metode jarimatika dan penggunaan variasi media dalam proses pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I dari rata-rata kelas 70% dan pada hasil tes siklus II rata-rata kelas mencapai 93% peserta didik yang mendapat nilai tuntas.

Downloads

Published

2024-06-18

Issue

Section

Articles