MENINGKATKAN KETERLIBATAN SISWA DI SEKOLAH PADA LAYANAN KLASIKAL BIMBINGAN KONSELING DENGAN METODE GAME BASED LEARNING

Authors

  • Sinta Nur Aida Amalina
  • Dinka Rizky Apriliana
  • Zakki Nurul Amin

Keywords:

Keterlibatan Siswa, Metode Game Based Learning, Bimbingan Konseling.

Abstract

Pada pelaksanaan suatu layanan bimbingan konseling diharapkan tujuan yang telah disusun dapat tercapai dengan maksimal. Pencapaian tersebut membutuhkan siswa yang mau mengikuti layanan dengan baik. Siswa perlu diarahkan untuk mengikuti layanan sehingga tujuan yang diinginkan dapat dicapai dan kebutuhan peserta didik dapat terpenuhi. Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling ini bertujuan untuk melihat seberapa efektif penerapan metode Game Based Learning dalam meningkatkan keterlibatan siswa di sekolah dalam mengikuti layanan klasikal. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 15 Semarang. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus. Hasil penelitian tindakan penggunaan metode Game Based Learning dalam meningkatkan keterlibatan siswa pada layanan klasikal bimbingan konseling dapat mencapai keberhasilan di siklus II. Oleh karena itu penerapan metode Game Based Learning dalam layanan klasikal bimbingan konseling dapat meningkatkan keterlibatan siswa SMA N 15 Semarang dikatakan berhasil.

Downloads

Published

2024-06-18

Issue

Section

Articles