MENINGKATAN HASIL EVALUASI PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI VARIASI PERMAINAN PADUS DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PESERTA DIDIK KELAS X AKL 2 SMK NEGERI 2 SEMARANG
Keywords:
Lompat Jauh Gaya Jongkok, Variasi Permainan Padus, Problem Based Learning.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran lompat jauh gaya jongkok melalui penerapan variasi permainan padus dan model problem based learning (PBL) pada peserta didik kelas X AKL 2 SMK Negeri 2 Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X AKL 2 SMK Negeri 2 Semarang yang berjumlah 36 peserta didik. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan tes hasil belajar. Selama dua siklus penelitian, teknik pengumpulan data dilakukan dengan menerapkan variasi permainan lompat jauh gaya jongkok dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam pemahaman dan keterampilan peserta didik dalam melaksanakan lompat jauh gaya jongkok. Penerapan variasi permainan padus dan model problem based learning (PBL) mampu meningkatkan motivasi, partisipasi, dan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran. Selain itu, terjadi peningkatan yang positif dalam hasil belajar peserta didik berdasarkan tes yang dilakukan pada setiap siklus. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan variasi permainan padus dan model problem based learning (PBL) lompat jauh gaya jongkok efektif dalam meningkatkan pembelajaran lompat jauh pada peserta didik kelas X AKL 2 SMK Negeri 2 Semarang. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya penggunaan variasi permainan padus dan model problem based learning (PBL) dalam pembelajaran olahraga untuk meningkatkan minat, motivasi, dan hasil belajar peserta didik.