Peningkatan Hasil Belajar Pengukuran Waktu melalui Media Jam Analog dengan Pendekatan TaRL (Teaching at the Right Level) Kelas II
Keywords:
Peningkatan hasil belajar, pengukuran waktu, media Jam analog, pendekatan TaRL.Abstract
Kesenjangan kemampuan belajar antar siswa berbeda-beda, dan banyak siswa yang masih belum memahami materi pengukuran waktu, hal ini terlihat dari hasil pengamatan aktivitas matematika dan nilai tes pra siklus yang rendah materi pengukuran waktu Kelas II B SD Negeri Tembalang. Kurangnya penggunaan media konkret dalam materi pengaturan waktu mata pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur peningkatan hasil belajar kognitif siswa kelas II B pada materi pengaturan waktu menggunakan media jam analog dengan pendekatan TaRL. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek siswa Kelas II B SD Negeri Tembalang sebanyak 28 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus Setiap siklus terdiri dari empat tahap meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, tes tertulis, dan dokumentasi. Penelitian menunjukkan rata-rata nilai siswa pada kegiatan pra siklus adalah 64. Data ini menunjukkan tingkat ketuntasan belajar sebesar 46%. Siklus I menunjukkan rata-rata nilai siswa sebesar 73 dan tingkat ketuntasan belajar mencapai 71%. Siklus II menunjukkan rata-rata nilai siswa sebesar 84 dan tingkat ketuntasan siswa mencapai 86%. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan media jam analog pada pembelajaran matematika materi pengukuran waktu dengan pendekatan TaRL dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas II B di Sekolah SDN Tembalang.