PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS II SDN ROWOSARI 02 KOTA SEMARANG MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN BERBANTUAN MEDIA PAPAN PECAHAN
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Rowosari 02 Semarang. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas II SDN Rowosari 02 Semarang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari hingga Maret 2024. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar wawancara dan lembar tes. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan tes, wawancara dan studi dokumen. Permasalahan yang terdapat di kelas II SDN Rowosari 02 Semarang yaitu rendahnya prestasi belajar matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar matematika melalui model problem based learning dengan berbantuan media papan pecahan pada pembelajaran matematika kelas II SDN Rowosari 02. Meningkatkan aktivitas peserta didik kelas II SDN Rowosari 02. Serta meningkatkan aktivitas guru di SDN Rowosari 02. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Hasil penelitian menunjukkan melalui model problem based learning dengan berbantuan media papan pecahan dapat prestasi belajar matematika. Pada siklus I terdapat 11 (40,74%) peserta didik yang mendapatkan nilai di atas KKTP, dan terdapat 16 (59,25%) peserta didik belum melampaui KKTP. Pada Siklus II terdapat 24 (88,89%) peserta didik mendapatkan nilai di atas KKTP, dan 3 (11,11%) belum melampaui KKTP. Prestasi belajar matematika peserta didik pada penelitian ini diambil dari hasil belajar matematika peserta didik pada penilaian kognitif. Hasil penilaian kognitif mengalami peningkatan yang signifikan pada tiap siklusnya. Pada penilaian kognitif kognitif di siklus I memperoleh ketuntasan klasikal sebesar 40,74% dan pada siklus II sebesar 88,89%, peningkatan yang terjadi sebesar 48,15%.