PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS 5 SDN ROWOSARI 02 SEMARANG MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TaRL) INTEGRASI DENGAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) BERBANTU MEDIA INTERAKTIF KUIS

Authors

  • Ummu Zulfah PGSD, Universitas Negeri Semarang
  • Kukuh Setiyorini SDN Rowosari 02
  • Arif Widagdo PGSD, Universitas Negeri Semarang

Keywords:

TaRL, RME, Pemahaman Konsep Matematis, Interaktif Kuis.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan pemahaman konsep matematis siswa dalam pembelajaran Matematika kelas V SDN Rowosari 02, Kota Semarang melalui penerapan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) integrasi dengan Realistic Mathematic Education (RME) berbantu media interaktif kuis. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas V sejumlah 25 siswa. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret-April 2024. Penelitian ini dilaksanakan tiga siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah penerapan TaRL integrasi dengan RME berbentu media interaktif kuis. Varibael terikat adalah pemahaman konsep matematis. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan data deskripsi kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penerapan penerapan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) integrasi dengan Realistic Mathematic Education (RME) berbantu media interaktif kuis dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis. Keterampilan guru menunjukkan persentase siklus I 68,5% dengan kriteria cukup. Mengalami peningkatan pada siklus II dan siklus III yakni menjadi 75,5% dengan kriteria baik dan 85,5% pada kriteria sangat baik. Di sisi lain, aktivitas belajar siswa pada siklus I persentasenya 68,15% dengan kriteria cukup. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 75% dengan kriteria baik. Siklus III juga mengalami peningkatan persentase menjadi 82,93% dengan kriteria baik.. Selain itu, ketuntasan klasikal pada siklus I persentase 44% dengan kriteria cukup. Pada siklus II mengalami peningkatan perolehan persentase 64% dengan kriteria baik. Keefektifan penerapan pendekatan TaRL integrasi dengan RME terlihat juga pada siklus III yang memperoleh persentase 92% dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) integrasi dengan Realistic Mathematic Education (RME) berbantu media interaktif kuis dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas V SDN Rowosari 02, Kota Semarang.

Downloads

Published

2024-06-19

Issue

Section

Articles