PENINGKATAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA WORDWALL DALAM PEMBELAJARAN SD N PLALANGAN 02KOTA SEMARANG

Authors

  • Deasylina Da Ary
  • Suciyati Suciyati

Keywords:

Media Wordwall, Minat belajar, Pembelajaran.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan minat belajar siswa kelas IV SD N Plalangan 02 Kota Semarang dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus. Desain penelitian ini menggunakan bentuk siklus atau putaran. Prosedur langkah-langkah pelaksanaan penelitian ini akan mengikuti prinsip-prinsip dasar penelitian tindakan yang umum dilakukan. Tiap siklus terdiri dari empat tahap kegiatan, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi.. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD N Plalangan 02 Kota Semarang. Data dikumpulkan dan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui media wordwall dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran. Pada Pra siklus terdapat 29% siswa atau 4 siswa yang peserta didik memiliki minat belajar dengan kategori tinggi. Pada siklus I terdapat 21% siswa atau 3 siswa yang peserta didik memiliki minat belajar dengan kategori sangat tinggi dan ada 29% atau 4 orang siswa yang memiliki minat belajar rendah. Hasil belajar siswa mengalami peningatan pada siklus II yaitu sebanyak 64% atau 9 orang siswa mengalami peningkatan dalam minat pembelajaran. Berdasarkan hasil dapat disimpulkan bahwa dengan media wordwall dapat meningkatkan minat belajar kelas IV SD N Plalangan 02, Kota Semarang.

Downloads

Published

2024-06-19

Issue

Section

Articles