PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA MATERI KERAGAMAN BUDAYA INDONESIAKU MELALUI MEDIA PERMAINAN KARTU DOMINO PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD N PLALANGAN 02 KOTA SEMARANG

Authors

  • Vinka Yafuza Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang
  • Deasylina Da Ary Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Teaching and Learning Qualities, Inquiry, Adventure board.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD N Plalangan 02 Kota Semarang pada Pelajaran Pendidikan Pancasila materi Keragaman Budaya Indonesiaku. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD N Plalangan 02 Kota Semarang. Data dikumpulkan dan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui media permainan kartu domino dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Pancasila pada materi Keragaman Budaya Indonesiaku. Pada siklus I terdapat 67% siswa atau 8 siswa yang mendapatkan nilai diatas KKM dan ada 33% atau 4 orang siswa yang tidak tuntas. Hasil belajar siswa mengalami peningatan pada siklus II yaitu sebanyak 92% atau 11 orang siswa mendapatkan nilai diatas KKM dan 8% atau 1 orang siswa yang tidak tuntas. Berdasarkan hasil dapat disimpulkan bahwa dengan media permainan kartu domino dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Pancasila materi Keragaman Budaya Indonesiaku kelas V SD N Plalangan 02, Kota Semarang.

Downloads

Published

2024-06-19

Issue

Section

Articles