PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPAS KELAS V SDN PLALANGAN 01
Keywords:
Problem Based Learning (PBL), hasil belajar, IPAS .Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan prestasi belajar IPAS melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas V SDN Plalangan 01 tahun 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Plalangan 01 yang terdiri dari 11 laki-laki dan 17 perempuan. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret sampai dengan April 2024.. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan tes hasil belajar. Kemudian, data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I yaitu peserta didik tuntas sebanyak 28% dengan rata- rata 48,9, siklus II peserta didik tuntas sebesar 53,5% dengan rata-rata 58,9, siklus III peserta didik tuntas sebesar 75% dengan rata-rata 78,2. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian, dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar kognitif IPAS kelas V SDN Plalangan 01 tahun 2023/2024.