PENIGNKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA II SDN PLALANGAN 01
Keywords:
Project Based Learning, Hasil Belajar.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika dengan menggunakan model Project Based Learning. Penelitian kelas ini dilaksanakan di kelas II SDN Plalangan 01 yang berjumlah 20 siswa yang berlangsung selama 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa dan variabel bebasnya adalah model Project Based Learning. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, tes dan dokumentasi dengan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa setelah diterapkan model Project Based Learning pada Siklus I memperoleh skor sebesar 73 dan ketuntasan siswa mencapai 75%. Peningkatan hasil hasil belajar pada siklus II sebesar 81 dan persentase ketuntasan siswa sebesar 90%. Jadi penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas II SDN Plalangan 01.