PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTU MEDIA EDUCATIVE GAME PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Yulina Dwi Ayu Putri Rahmawati Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang
  • Rizki Nor Afifi
  • Deni Setiawan

Keywords:

Project Based Learning, Educative game, Learning outcomes.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA menggunakan model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) yang dibantu oleh media permainan edukatif. Penelitian kelas ini dilakukan di kelas IV SDN Plalangan 01 dengan total 20 siswa, yang berlangsung selama 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Variabel dependen adalah hasil belajar siswa dan variabel independen adalah model PjBL yang dibantu oleh permainan edukatif. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi dengan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa setelah menerapkan model PjBL yang dibantu oleh media permainan edukatif pada Siklus I memperoleh skor 74 dan kelengkapan siswa mencapai 70%. Peningkatan hasil pemikiran kritis pada siklus II adalah 82 dan persentase kelengkapan siswa adalah 85%. Jadi, penerapan model pembelajaran PjBL yang dibantu oleh media permainan edukatif dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV di SDN Plalangan 01.

Downloads

Published

2024-06-19

Issue

Section

Articles