PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN TaRL KELAS IV SDN PLALANGAN 01

Authors

  • Yunita Berliana Nurul Hidayah
  • Deni Setyawan
  • Rizki Nor Afifi

Keywords:

Learning Achievement, TaRL Approach, Problem based learning.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Matematika kelas IV SDN Plalangan 01 Kota Semarang melalui model pembelajaran problem based learning dengan pendekatan TaRL. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus dan dilakukan di SDN Plalangan 01, Kota Semarang. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV. Data dikumpulkan dan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran problem based learning dengan pendekatan TaRL dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Matematika. Taraf keberhasilan prestasi belajar dari siklus awal 30,04%, pada siklus I 74,07 %, dan meningkat pada siklus kedua 96,30 %. Berdasarkan hasil dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning dengan pendekatan TaRL dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Matematika kelas IV SDN Plalangan 01, Kota Semarang.

Downloads

Published

2024-06-19

Issue

Section

Articles