PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN IPS KELAS IX F DI SMP NEGERI 3 SEMARANG
Keywords:
Hasil Belajar, Problem Based Learning, IPS.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pelajaran IPS kelas IX semester 2 dengan materi Indonesia dari masa kemerdekaan hingga pada masa reformasi dengan menggunakan model pemnelajaran model problem based learning (PBL). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan pada 2 siklus. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IX F SMP Negeri 3 Semarang semester genap tahun pelajaran 2024/2025 yang berjumlah 32 peserta didik. Pengambilan data dilakukan dengan observasi dan tes hasil belajar. Hasil dari Penelitian Tindakan Kelas/ (PTK) yang dilakukan dengan menggunakan model problem based learning ini memperlihatkan peningkatan hasil belajar peserta didik pada setiap siklusnya. Pada siklus pertama terdapat 21 peserta didik yang memenuhi nilai ketuntasan hasil belajarnya dan 9 peserta didik belum tuntas hasil belajarnya (ketuntasan mencapai 70%). Sedangkan pada siklus kedua terjadi peningkatan pada 1276 hasil belajar peserta didik, terdapat 30 siswa yang mengalami ketuntasan nilai dan 2 siswa yang belum tuntas (ketuntasan 93%). Dapat disimpulkan penelitian tindakan kelas menggunkan problem based learning telah berhasil dengan melihat kenaikan hasil belajar pada peserta didik kelas IX F di SMP Negeri 3 Semarang.