PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SDN SEKARAN 02
Keywords:
Model Problem Based Learning, Learning Process, Learning outcomes.Abstract
Muatan pelajaran yang dianggap sulit bagi siswa salah satunya adalah Matematika, sehingga menjadi penyebab pemahaman siswa masih rendah dan pasif dalam pembelajaran. Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif (PTKK) ini dilakukan untuk memperbaiki proses dan hasil belajar Matematika topik membandingkan ciri-ciri bangun datar di kelas V SD Negeri Sekaran 02 yang dilaksanakan selama dua siklus menggunakan pendekatan TaRL. Teknik pengumpulan data menggunakan teknis tes berupa posttest dan nontes berupa observasi, dengan alat pengumpulan data menggunakan soal posttest, instrument observasi proses belajar siswa, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model problem based learning dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa yaitu dengan pra siklus diperoleh rata-rata 49,75, siklus I rata-rata 61,75, dan siklus II rata-rata 79,25. Hal ini ditunjukkan persentase ketuntasan belajar yang diperoleh pada pra siklus adalah 40%, siklus I 60%, dan siklus II 80%. Sedangkan proses belajar siswa pada pra siklus mendapatkan 40% dengan kategori kurang baik, siklus I mendapatkan 60% dengan kategori baik, dan siklus II mendapatkan 85% dengan kategori sangat baik. Simpulan dari hasil penelitian bahwa model problem based learning dapat meningkatkan proses dan hasil belajar Matematika siswa di kelas V Sekolah Dasar.