PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MASA PANDEMI COVID19 PADA SISWA SEKOLAH DASAR (SD)

Authors

  • Kurotul Aeni
  • Tri Astuti
  • Dewi Puspita

DOI:

https://doi.org/10.1529/kp.v1i2.44

Abstract

Permasalahan sosial yang muncul di kalangan generasi muda saat ini sangat komplek. Permasalahan sosial tersebut misalnya tawuran, minum-minuman keras, seks bebas dan lain sebagainya. Hal tersebut membutuhkan solusi segera oleh beberapa pihak, diantaranya adalah sekolah dan orang tua. Sekolah dan orang tua perlu bersinergi untuk membentengi siswa melalui Pendidikan karakter. Pendidikan karakter tetap perlu dilaksanakan walaupun pada masa pandemic Covid19. Pelaksanaan penguatan Pendidikan karakter pada siswa SD dapat dilakukan melalui beberapa strategi, yaitu melalui pembiasaan sebelum mulai pembelajaran daring, pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari yang dipantau secara online oleh guru dan diawasi orang tua di rumah masing-masing. Hal tersebut penting dilaksanakan secara rutin agar siswa terbiasa dengan kegiatan pembiasaan sekolah. Pada masa pandemi covid19 ini, siswa belajar di rumah masing-masing, namun sekolah juga mengadakan kegiatan luring terbatas, pada kegiatan ini, guru dapat menerapkan permainan tradisional engklek berbasis augmented reality (AR). Pelaksanaan permainan ini dilakukan dengan menerapkan protokol Kesehatan ketat.

Downloads

Published

2022-05-09

Issue

Section

Articles