Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Efikasi Diri Guru dan Perilaku Inovatif Guru terhadap Kinerja Guru Matematika SMA

Authors

  • Andi Istiyawan Universitas Negeri Semarang
  • Zaenuri Mastur Universitas Negeri Semarang
  • Ari Tri Soegito Universitas Negeri Semarang
  • Heri Yanto Universitas Negeri Semarang

Keywords:

kepemimpinan transformasional, efikasi diri, perilaku inovatif, kinerja guru

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah menganalisis pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah, efikasi diri guru dan perilaku inovatif guru terhadap kinerja guru matematika SMA Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh guru matematika SMA di Kota Semarang dan Kabupaten Semarang. Pada penelitian ini salah satu teknik probability sampling yang dipilih adalah simple random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi sedangkan pada tahap akhir dilakukan dengan metode angket. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial.

Hasil penelitian diperoleh data deskriptif yang berupa gambaran profil dari responden, selain itu juga diperoleh model yang dikembangkan berdasar kajian teori dan penelitian terdahulu. Setelah dilakukan analisis konfirmatori terhadap variabel penelitian, diperoleh hasil bahwa indikator-indikator mampu merefleksikan atau menjelaskan variabelnya. Saat dilakukan uji konfirmatori antar konstruk eksogen dan konstruk endogen, diperoleh hasil model konstruk eksogen dan konstruk endogen adalah model yang fit atau baik. Hasil perhitungan dari seluruh variabel laten dapat memenuhi kriteria reliability construct dan variance extracted, artinya indikator yang diamati dapat mencerminkan faktor yang dianalisis dan secara bersama-sama mampu mencerminkan adanya sebuah unidimensionalitas. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah semakin tinggi kepemimpinan transformasional kepala sekolah, efikasi diri guru dan perilaku injovatif guru maka semakin tinggi pula kinerja guru.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles