UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VII PADA MATERI EKOSISTEM BERBASIS MAKING A PRODUCT BERBANTUAN LKPD
Keywords:
Kemampuan berpikir kreatif; LKPD; Making a product.Abstract
SMP Negeri 1 Semarang adalah salah satu institusi pendidikan di kota Semarang. Berdasarkan hasil observasi kelas VII-I SMP N 1 Semarang ditemukan salah satu masalah terkait dengan kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang masih rendah dalam mengonstruksi pengetahuan sendiri dan belum dapat mengembangkan pemikiran yang beragam terhadap suatu hal. Permasalahan ini menjadi indikasi rendahnya kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Menanggapi hasil observasi tersebut perlu adanya inovasi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan pembelajaran berbasis “making a product” berbantuan LKPD. Jenis penelitian ini adalah (class action research) yang mengukur peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII-I SMP Negeri 1 Semarang yang berjumlah 35 peserta didik. Metode pengumpulan data yaitu dengan angket profiling dan observasi peserta didik yang bertujuan untuk mengetahui latar belakang dan karakteristik peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis “making a product” berbantuan LKPD pada mata pelajaran IPA materi ekosistem terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik dalam ranah kognitif melalui kegiatan pra-siklus, siklus 1, dan siklus 2. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya rata-rata kemampuan berpikir kreatif mulai dari pra-siklus 45,02, pada siklus 1 53,48 dan siklus 2 ratarata kemampuan berpikir kreatif menjadi 83,54 diikuti dengan 4 aspek berpikir kreatif (fluency, elaboration, flexibility dan originality) yang juga meningkat di setiap siklusnya. Kesimpulan penelitian ini adalah adanya penerapan pembelajaran berbasis making a product berbantuan LKPD mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik dalam ranah kognitif untuk mencapai CP materi ekosistem.